9/07/2007

Dunia baru Si Bungsu

Adek bungsuku Wahyu yang manjanya minta ampun, yang dulu waktu aku tinggal masih duduk dikelas V MI, yang obrolan terakhirnya tak terlupakan sebelum aku berangkat, sekarang udah masuk tingkat SLTP. Udah masuk pesantren juga. Udah gede kamu dhe'...

Awalnya, aku sebagai mbak sulungnya pingin dia masuk pesantren di Jombang. Biar bareng ama mbaknya yang masih study di Jombang juga. Jadinya ada yang ngawasin. Tapi ternyata pilihannya lain. Dia milih ngelanjutin sekolahnya di Madrasah Tsanawiyah Negeri di Banyuwangi sekaligus nyantri disalah satu pesantren yang kawasannya tidak jauh dari sekolah. Kata ortuku sih itu pesantren Qur'an. Aku juga kurang begitu tau, nggak tau nama pesantrennya juga.

Awalnya aku agak keberatan kalo adekku itu nggak masuk sekolah yang satu yayasan ama pesantrennya. Pergaulan diluar yang bikin aku khawatir dengan perkembangannya. Soalnya semua sodara-sodaranya masuk sekolah yang satu yayasan ama pesantrennya. Dan sisi positifnya udah aku tau. Kalo satu yayasan ma pesantren, pihak pesantren bisa ngontrol gimana perkembangan dia di sekolahnya, bisa ngatur jadwal antara kegiatan sekolah dan pesantren juga, agar nggak berbenturan. Waktu aku tanya dia kenapa milih sekolah yang deket rumah, dia jawab "biar bisa pulang seminggu sekali mbak, nemenin ibu dirumah", ujarnya. Emang sih, kalo adek bungsuku masuk pesantren, tinggal bapak ibuku dirumah. Ada juga sepupuku yang sekolah di MTs dirumah dan tinggalnya dirumahku juga. Dulu, kata orang bapak ibuku punya anak banyak, 5 orang. Tapi sekarang malah sepi, nggak dirumah semua. Aku yang sulung merantau paling jauh, yang kedua juga nyantri di Malang, yang ketiga nyantri di Jombang, yang ke empat di Jember. Dan yang terakhir ini milih yang deket-deket rumah, alasannya biar bisa sering nengokin ibu. Saat aku tanya ibu, jawabannya juga gitu. Jadi terharu...

Kemaren tanggal 23 agustus, adekku Adi ultah. Sengaja aku telpon rumah mo nanyain nomer hp dia. Mo ngasih ucapan met ultah, sekalian mo tau kabar dia. Nggak taunya, kata bapak Adi lagi dirumah, tapi lagi nganter Wahyu balik ke pesantrennya. Ternyata dirumah ada acara tasyakuran ultah Adi. Kebiasaan dirumahku sih kalo tasyakuran di isi khotmil Qur'an. Itupun yang baca keluarga sendiri.

Dari ngobrol-ngobrol ma ibu, aku tau perkembangan Wahyu sejak dia masuk pesantren. Rencana awal dia pulang seminggu sekali jenguk ibu, ternyata nggak terlaksana. Dia betah banget di pesantren. Kalopun pulang cuma sampek sore, abis maghrib langsung balik ke pesantren. Dan ke khawatiranku pun terhapuskan. Ibu juga nggak nyangka Wahyu bisa cepat mandiri seperti itu.

Inget dulu saat dia masih sekolah MI. Kalo mo tidur harus dikelonin ma ibu, sambil "menthil". Kalo mau apa-apa harus diturutin. Yang paling bikin aku gemezzz, tiap kali ada artis yang tenar saat itu, dia pasti ngikutin gayanya. Waktu tenar2nya ariel peter pan, dia bergaya ala ariel. Ngikutin gaya rambutnya, bangun tidur langsung ke kamar mandi bukannya cuci muka, tapi cuman basahin rambutnya trus di bikin gaya model rambutnya ariel. Ditarik-tarik rambutnya dikit ke depan telinga. Giliran yang tenar Radja, model rambutnya ngikut jabrik juga!!!

Btw...adek bungsuku kini mulai beranjak remaja. Mbak nggak bisa nemenin masa-masa remajamu saat ini dhe'. Mbak cuman bisa ngiringi langkahmu dengan do'a. Moga langkahmu slalu dalam ridho-Nya.

Tidak ada komentar: