10/18/2007

About My Habits

Tadi malam waktu aku ngisi formulir pelatihan broadcaster, ada beberapa hal yang susah aku tuliskan. Seperti nyebutin motivasi untuk pelatihan apa, trus hoby juga apa. Kalo motivasi aku dikasih sedikit gambaran kenapa aku pingin ngikut pelatihan broadcaster. Trus yang hoby ini aku agak bingung, agak ragu jawabnya. Ama temenku di omelin dikit sih, masak diinterview lamaran kerja jawabnya nggak tegas katanya. Sebenernya nggak cuman waktu ngisi formulir itu aja sih. Beberapa waktu lalu, seniorku yang di Hawaii ngasih aku peer di blog nulis beberapa kebiasaan yang aku lakukan dan sukai. Butuh waktu lama aku nyeleseinnya. Disamping karna masih banyak kesibukan yang lain, aku juga bingung mo nulis kebiasaan dan kesukaanku yang gimana :D. Malah aku diingetin temenku apa aja kesukaan dan kebiasaanku.

Bukan karna apa, aku ngerasa udah banyak sekali perubahan yang terjadi dalam diriku. Dulu, waktu masih di MMA aku berani bilang hobyku baca, nulis, waktu liburan jalan-jalan, orangnya friendly. Asyiklah pokoknya!!!

Tapi sekarang kayaknya udah banyak yang berubah. Hoby suka baca-baca, sejak aku duduk dikelas akhir MMA, aku hentikan. Coz, kalo aku liat buku selain buku pelajaran, maka otomatis aku bakal nyentuh buku itu ketimbang baca buku pelajaran. Bahayakan?!!Padahal waktu-waktu itu aku harus bener-bener mulai konsent nyiapin ujian akhir. Setelah lulus MMA, aku mulai lagi hoby baca-bacaku. Waktu ngikut bimbingan dan test masuk universitas di Malang, aku sama sekali nggak baca materi yang akan diujikan kecuali waktu bimbingan. Temen-temen pada nyewa komik dan novel-novel ato buku-buku yang lebih seru sih. Ya udah aku ngikut :D.

Trus waktu pilihan ngelanjutin kuliah pindah ke luar negeri, aku harus bener-bener nyiapin semuanya. Hafalan qur'an dan kursus bahasa arab. Otomatis, mau nggak mau aku harus ninggalin hoby baca "apa aja" itu ke arah hoby nyiapin semuanya yang berhubungan dengan kelanjutan studyku.

Sejak konsent nyiapin semuanya untuk kelanjutan studyku itu, aku jadi jarang baca-baca, jarang nulis juga. Hattaa baca cerpen aja males beneran. Kalopun baca, udah nggak bisa baca cepat kayak dulu. Lamaaa banget baru bisa paham dan selesai. Parah!!!

Sampai di Mesir, awalnya aku dipinjemin lap top temen untuk iseng-iseng dengerin musik. Trus aku nyoba-nyoba lagi nulis. Dari situ aku mulai lagi hoby nulisku. Trus dalam jajaran kepengurusan organisasi angkatan, aku masuk ke bagian media. Klop!!Aku bisa sedikit ngembangin ato paling tidak mempertahankan hobyku.

Untuk hoby baca, aku masih belum menemukan "aku yang dulu". Waktu masih duduk dibangku MI, seluruh isi perpustakaan nggak ada yang belum kubaca *Perpustakaannya juga cuma beberapa susun deretan buku*Hehehehehe....

Btw...hoby nulisku lumayan bisa berkembang saat ini. Banyak media yang menjadi tempatku berkreasi. Dulu mungkin tulisanku cuma berbentuk diary kayak diblog ini. Ato sekedar tulisan ilmiyah picisan karya santri yang masih nggak ngerti apa-apa. Analisa sekilas aja. Tapi disini, aku mulai nulis cerpen, berita, puisi sampai makalah-makalah ilmiyah yang dipresentasikan dalam sebuah diskusi.

Hhhmmm...tinggal ngembaliin baca-bacanya neh. Moga aja bisa segera kembali seperti dulu.

Tidak ada komentar: