10/24/2007

Back to country ;)

Liburan lebaran kemaren biar nggak suntuk en nelangsa lebaran di negeri orang, aku nerima undangan sekaligus ajakan temen serumahku untuk ikutan acara halal bi halal sekaligus ngerayain ultah marhalahnya yang ke dua. Tempat acaranya lumayan jauh. Tanta. Sebuah muhafadzah di Mesir bagian barat. Perjalanan menempuh jarak sekitar 93 km dari Ramsis.

Tepatnya hari senin, 15 Oktober 2007, pukul 14.00 kita berangkat dari sabi' ke Ramsis. Rombongan dari Kairo ada 7 orang. Cowok 3 dan cewek 3, ditambah satu orang Tanta yang kebetulan lagi di Kairo. Ceweknya yang ngikut aku, Nana ma Bebeng. Dari Ramsis kita naik mobil tramko yang langsung jurusan Tanta. Perjalanan yang ditempuh membutuhkan waktu sekitar 1 1/2 sampai 2 jam. Dalam perjalanan, sebagian temen2 ada yang nyempatin istirahat alias tidur siang di mobil. Kalo aku, nggak bisalah tidur di mobil. Apalagi ini perjalanan pertamaku ke Tanta, pasti banyak hal yang menarik di jalan. Dan benar, selama perjalanan setelah melewati jembatan nil, aku ngerasa kayak lagi jalan2 di Indonesia. Samping kanan-kiri berderet sawah2 dan kebun2. Apalagi di daerah dekat2 perkebunan dan persawahan itu, nggak ada imarah berdiri. Jadi kayak indo kan??! Ditambah lagi homesick juga :(,jadi klop dech setting latarnya.

Nyampek Tanta kita turun dari tramko dikawasan ma'radl. Trus nyebrang jalan, naik taksi menuju daerah sinema Gomhoriya. Turun depan sinema, kita masuk gerbang yang ternyata itu adalah rumah temen2 yang ditempatin untuk acara. Bentuk rumahnya unik, dan baru pertama kalinya ini aku ngeliat rumah ala Egypt yang bentuknya kayak gini. Rumahnya luas, bentuk pintunya model2 rumah belanda, tinggi gitu. Sementara kita ditempatin disalah satu kamar dirumah itu. Istirahat bentar dan sholat ashar. Aku ma bebeng yang dari pagi lom makan apa-apa ngerasa kelaperan banget. Akhirnya kita keluar rumah, alesannya pingin tau daerah sekitar situ. Mo ditemenin kita nolak. Nggak jauh-jauh kok, udah laper gini juga :D. Ke baqalah sekitar situ, aku ma bebeng beli camilan mie goreng dan snack plus soft drink.

Abis maghrib acara reuni dimulai bertempat disamping rumah *ala belanda*. Disitu rumahnya agak kecil dengan isi dua kamar. Dan modelnya juga kebanyakan rumah mesir yang lain. Acara diisi dengan sambutan2 seperti biasa, trus ta'aruf bagi yang belum kenal*aku yang kebanyakan ngomong di sesi ini, emang sebagian besar nggak kenal sih*. Abis itu acaranya penandatanganan prasasti memperingati dua tahun keberadaan PGT (Paguyuban Timur) di Egypt. Cuman aku kayaknya yang lom genap dua tahun. Dua tahun kurang 2 hari, coz aku datengnya tanggal 17.

Setelah penandatanganan, acara selanjutnya adalah pemotongan tumpeng trus makan2. Abis makan2, kita jalan bareng2 ke makam Syekh Badawy. Aku kurang tau juga sih profil beliau. Asal ngikut temen2 aja. Di salah satu pojok makam Syek Badawy, aku ngeliat ada sepasang bekas telapak kaki tercetak di atas batu. Kata juru kuncinya sih, itu telapak kaki Nabi Muhammad yang dibawa dari Mekkah. Telapak kaki itu adalah salah satu dari telapak kaki Nabi yang diberikan kepada setiap suku saat perenovasian ka'bah sebelum nabi diangkat menjadi nabi. Itu kata juru kuncinya, kalo kebenarannya gimana aku juga kurang tau.

Pulang dari makam, cewek2 langsung ditempatkan dirumah yang dijadikan tempat acara. Tidak lagi berada dirumah *ala belanda*. Coz,dirumah itu cuma ada dua kamar dan semuanya lengkap plus aman. Sang penghuni rumah untuk sementara ngungsi nggak tau kemana. Pokoknya kita yang kuasai rumah itu untuk satu malam.

Istirahat malam itu lumayan nyenyak. Karna kita ngerasa dirumah sendiri plus kecapean. Setelah sholat subuh, kita ngelanjutin tidur lagi. Baru jam 8 pagi kita siap2 untuk pergi jalan2. Sebagian temen2 cowok dirumah sebelah kayaknya masih tidur.

Pagi itu kita rencananya mo ngunjungin rumah temen2 yg lain. Di daerah deket2 kuliah. Ada beberapa orang cowok yang nemenin kita. Rumah yang pertama kita datengin adalah rumahnya Miskari. Rumahnya gede banget, ada tiga kamar, sholah yg luas, dapur yg lumayan gede juga. Balkon yg panjang. Coba kalo itu ditempatin cewek, kayaknya lebih teratur. Tapi emang daerahnya mungkin ya, debunya ampun dech. Dirumah Miskari kita sarapan, ngobrol2, foto2, chat bentar, trus ngelanjutin perjalanan.

Kali ini tujuan kita adalah rumah adik kelasku alumni Blokagung. Selama ini komunikasi kita cuma lewat chating, aku masih lom tau orangnya yg mana. Adik kelasku jauh juga. Aku tau dia dari neng Nik. Kerumahnya kita cuma ngobrol2 trus numpang sholat. Nggak lupa foto2 lah :D.Hehehehe...

Pulang dari sana,kita mampir jalan2 ke sawah. Liat hasil panen...hehehehe.Enggaklah, cuman pingin jalan2 kesawah aja. Coz, sejak dari kairo kita diiming-iming bisa main kesawah nyari belut. Tapi ternyata sawahnya udah panen, jadi tanahnya nggak ijo-ijo gitu. Tumpukan jerami yang didalemnya ada bawang merahnya. Nggak tau maksudnya apa disimpen disitu. Kita foto2 bentar, trus jalan ke kampus al Azhar cabang Tanta. Tapi kita cuma digerbangnya aja. Trus kita balik ke Gomhoriyah, rencananya kita pulang dari sana. Makan2 dulu, abis sholat isya' kita baru balik ke kairo.

Dari Gomhoriyah kita naik taksi menuju terminal Gomlah, trus naik tramko yang langsung ke Ramsis. Tapi jumlah penumpang ma kendaraannya nggak sebanding. Baru dateng satu tramko, udah langsung penuh. Cikung yang ngikut ke Kairo ngasih komando, kalo ada tramko dateng cepet berebut ikutan naik. Biar dapet tempat. Pas dateng satu tramko, aku dan yang lain langsung berebut naik. Cuman ternyata cuma aku ma bebeng yang berhasil dapet tempat. Akhirnya kita milih turun lagi. Fiiuuuhh....padahal udah penuh perjuangan desek2an tadi :D.

Hampir satu jam kita nunggu, akhirnya ada orang yg nawarin tramko dan tramkonya diparkir diluar. Jadi nggak perlu desek2an kita. Alhamdulilah...kok orang itu cuma nawarin kekita ya??!

Btw...perjalanan balik malam itu diselingi juga dengan beberapa kemacetan. Sampai di Kairo sekitar jam 10 malem lebih. Sampai di blue house sekitar jam 11 malem. Nyampek rumah, bersih2, ganti baju, langsung rehat. Wuuiiihh.....perjalanan yang cukup menyenangkan. Dan nambah sedikit wawasan kita tentang muhafadzah2 yang di Mesir.


1 komentar:

neotech mengatakan...

wah ... senengnya jalan2... salam kenall