12/19/2007

'Ied el Adha 1428 H

Hari ini 'Ied el Adha ketiga yang aku jalani di negeri seribu menara ini. Biasanya 'Ied el Adha Masisir ngumpulnya di KBRI, tapi untuk taun ini tempatnya di pindah di Masjid El Salam, sama kayak 'Ied el Fithri. Pagi tadi, penghuni Blue House sabi' ngelaksanain sholat 'Ied lebih dulu sebelum berangkat ke El Salam. Nyampek El Salam, sesuai perkiraan disana udah selesai ngelaksanain sholat 'Iednya. Sambil nunggu selesai khotbah, aku, Mita, Najah ma mbak Jihan nyapa2 temen2 yang ketemu. Salam2an, cipika-cipika, sambil secara spontan ngucapin "Minal 'aidzin wal faizin" ke setiap orang yang kita salamin. Oh ya, Oo' langsung misah ma kita, coz dia ada tugas jaga stand punya Qomunity didepan Masjid.

Seperti biasa, setelah selesai sholat acaranya adalah ramah tamah, alias makan-makan. Kita bareng2 ngambil nasi yang udah disiapin di beberapa stand. Kebetulan bareng ma temen2 kita ngambil di stand punya Gamajatim. Ada Cak Ihya' yang kemudian ngambilin tikar buat tempat kita duduk bareng. Asyik. Seru. Dikit bisa ngilangin kangen ma keluarga di Indo.

Lagi makan sambil canda-canda, plus foto2 bareng, pak Dubes baru, Bapak Fachri dateng ngelilingi temen2 yang juga lagi nikmatin makannya. Beliau tersenyum ramah sambil nyapa2 ato balas sapaan Masisir. Untuk lebaran taun ini emang dibedain tempatnya, dan aku rasa itu lebih bagus (nurut temen2 juga seh). Tempat putra di dalem, samping kanan masjid. Dan putri di halaman depan tempat biasanya semua Masisir kumpul. Jadi untuk putri bisa lebih leluasa duduk2 sambil makan di halaman itu.

Waktu pak Fachri nyamperin gerombolan kita, aku usulin ma Alfi yang kebetulan bawa kamera untuk minta foto bareng ma pak Fachri. Dan pak Fachri pun ngelulusin permintaan itu. Dubesnya emang ramah banget, familiar.

Abis makan, kita ngelanjutin acara halal bihalal ma temen2 laen yang lom ketemu. Ngerasa cukup nyapa2 en halal bihalalnya, aku, Mita ma Bebeng (mbak Jihan dah nggak tau ngilang kemana), mutusin mo jalan2 dulu sebelum pulang. Nyampek depan masjid, ketemu ma Oo' yang kemudian *seperti biasa*, kita foto2 bareng dulu pake hp Mita. Sambil nyapa2 temen2 cowok yang di luar masjid, kita ngelanjutin perjalanan. Rencananya sih, kita mo main kerumah Kiki di bawabah 2.

Hari raya 'Ied el Adha emang identik juga dengan istilah hari raya kurban. Mengambil ibrah dari kisah nabi Ibrahim yang hendak menyembelih putranya Ismail sebagai perwujudan cinta beliau kepada sang Khaliq. Namun kemudian sang Maha Bijaksana dan Penyayang menyelamatkan putra Ibrahim dan menggantinya dengan seekor kambing. Maka tak heran jika di hari ini dan mungkin juga selama hari tasyreq (tiga hari kedepan), dimana-mana terdapat penyembelihan hewan kurban.

Seingatku kalo di Indonesia tempat menjual ataupun menyembelih hewan kurban diberi tempat khusus, hingga kotoran2 ato bekas2 penyembelihan nggak bertebaran dimana-mana. Jadi baunya juga cuman ditempat2 tertentu. Nah...yang aku nggak suka disini, tiap lebaran kurban hampir disetiap pinggir jalan pasti ada banyak orang jualan kambing plus penyembelihannya. Yang paling menjijikkan lagi, darahnya itu!!!Hiiiiiii....mengalir, membanjir diseluruh ruas jalan. Berdarah-darah gitu jalannya. Belum lagi bau kotoran kambing, trus bekas2 rumput yang buat makanannya. Nggak nyaman banget dech meski sekedar berdiri di mahattah nunggu angkutan umum.

Yang paling kasian si Mita. Diakan paling nggak bisa ngeliat daging2 digantung gitu. Padahal itu udah bersih, apalagi yang masih berdarah-darah. Kasian banget kalo ngeliat wajah dia yang slalu berkerut. Kita bertiga malah seneng banget godain kalo udah kayak gitu. Malah nunjuk2in ke Mita kalo kebetulan kita liat kambing2 yang lagi disembelih ato lagi dibersiin *meskipun kita sebenernya juga jijik banget. hehehehe....*.

Banyak hewan kurban, tentunya kita juga kebanjiran daging2 kurban yang dikasih ma orang2 Mesir. Kalo udah kayak gitu, jangan harap Mita mau masuk dapur. Hatta sendok, piring ma gelas udah disendiriin ma dia. Nggak mau nyentuh2 barang2 dapur yang udah terkontaminasi dengan daging. Meskipun udah bersih dicuci, tetep aja nggak mau. Nggak tau dech, dia abis kena apa kok bisa2nya sampek segitunya phobia ma daging *piss Miiiit ;)*

Abis lebaran ini, kayaknya temen2 Masisir udah mulai konsen banget untuk nyiapin ujian. Awal Januari taun depan, Masisir udah mulai perang melawan diktat2 Al Azhar. Tadi waktu di Masjid Al Salam juga disebarin pamflet yang isinya menyebutkan prosentasi mahasiswa Azhar 90% najah dan 30 % mumtaz. Ya Rabb...semoga aku masuk dalam bagian prosentasi yang disebut. Dan saat ini, nggak ada lagi alasan untuk keluar rumah selain untuk kepentingan belajar.

Buat semua blogger, aku ucapin :
Happy 'Ied Adha al Mubarak
Minal 'Aidzin wal Faizin Kullu 'Am wa Antum Thayyibin
Mohon Maaf Lahir Bathin
Mohon doanya juga untuk Masisir yang lagi ujian. Robbuna Yusahhil wa Yunajjihna ma'an.

Tidak ada komentar: